Entri Populer

Jumat, 11 Maret 2011

Asal-Usul Nama Tubagus

Tubagus itu berasal dari kata RATUBAGUS...Ratubagus itu gelar yang diberikan kepada keluarga kasunyatan banten. Belanda bnyak membantai orang2 bergelar Ratubagus. Akhirnya Ratubagus diubah menjadi Tubagus.
SUMBER: TUBAGUS ARYA SENCAKI

Bila dirunut dari berbagai sumber, sebetulnya Tubagus itu adalah gelar “sayyid” untuk keturunan Rasulullah yang diterapkan di Banten, kalo di arab saudi mungkin ada gelar 'habib' dan di iran mungkin ada 'sayyid' di banten ada 'tubagus'.ini bukan gelar kebangsawanan, tapi supaya yg punya gelar selalu terikat dengan rasul, sehingga diharapkan selalu meneladani beliau.Hal ini karena setiap keturunan Sultan Hasanuddin adalah keturunan Rasul mengingat ayah Sultan Hasanuddin yaitu Maulana Syarif Hidayatullah adalah keturunan Rasul.Dan satu-satunya dari wali songo (yg keturunan rasul). Pada syarif hidayatullah mengalir dua darah utama, yakni dari rasulullah dari ayahnya, sedangkan dari ibunya mengalir darah penguasa padjajaran yang merupakan adik dari Prabu Siliwangi.

Pada zaman dulu yang memakai nama Tubagus & Ratu biasanya identik dengan pandai. ahli dlm soal agama.bisa mangaji,agamis, pendakwah ato memberi manfaat buat org lain. Mendapat gelar tb atau ratu bukan untuk narsis tp lebih pada utk periksa diri bahwa kita mendapat tugas untuk memberi manfaat buat orang lain serta manjaga garis keturunan.

Katanya utk mengetes seorang itu tubagus atau bukan suruh saja menunjukkan silsilahnya, kalo dia tubagus asli,katanya silsilah ini terus dipeliharasehingga nyambung ke maulana hasanudian atau ke syarif hidayatullah. jadi jangan memahami tubagus sebagai gelar kebangsawanan, itu hanya gelar utk keturunan rasul yg ada di banten. dan gelar itu bukan utk menyombongkan diri, tapi supaya mereka malu, kalo berbuat maksiat, sebab pada darah mereka mengalir darah rasul, makhluk Allah yang paling dicintaiNya.

20 komentar:

  1. Terima kasih sekali atas postingnya. Saya sendiri cucu dari Tubagus Sjafei, cicit dari Tb. KH. Muhammad Idris. Namun hingga saat ini saya tidak memiliki bukti silsilahnya. Tampaknya sudah tidak mungkin lagi saya menelusuri kembali, mengingat kakek saya sudah meninggal dunia. Apakah dengan demikian ada kemungkinan gelar Tubagus dari keluarga saya tidak "asli" ya? Bisakah memberikan perbedaan mendasar? Mohon maaf dan terima kasih banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi saya masih mengahargai anda "tubagus"

      Hapus
    2. Jaga saja gelar itu den,
      Jangan sampai gelar itu dijadikan ßΰα̍̍̊Ť busung dada,
      Jadikan dirimu panutan ßΰα̍̍̊Ť masyarakat sekitar den,
      Hormat saya ßΰα̍̍̊Ť anda,

      Hapus
  2. Subhanallah. Berarti, saudara sepupu sy yg bernama TUBAGUS SUDRAJAT anak dari uwakku alm. TUBAGUS SUKMARA itu sebenarnya siapa? Koq gaya dan lagaknya sok jawara abis. Sy masih ingat betul ketika mamangku yang juga mamangnya, (karena mamangku itu adik satu ibu dg tb sukmara alm) SUKARDI, yg ketika itu baru saja meninggal dunia. Dia (tb sudrajat) datang melayat dengan mengenakan celana pendek dan rambut diwarnai memakai topi, lagaknya seperti turis yang lg piknik. Sungguh sangat memuakkan!!! Itu semua bertolak belakang dengan ketauladanan Rasulallah yg kita cintai. Aku berpikir jangan-jangan dia itu iblis yg sedang nyaru.

    BalasHapus
  3. Melihat semua komentar saya teringat sebuah nama yaitu Achmad Tubagus Fahmi asal ds. demang harjo kab tegal, dia lahir dari keturunan KH Zaenal Arifin.
    Mengapa sikap dan kelakuannya bertolak belakang dengan ajaran nabi Muhammad saw, sosok nya yang arogan dan mengaku sebagai ulama besar di desanya menganggap orang yang bekerja di perusahaan dekat kampungnya itu sebagai orang yang makan uang haram. jelas2 kami bekerja di sana sebagai buruh di perusahaan yang sah dan legal di mata hukum atau agama.
    Yang lebih menyakitkannya lagi dia lebih senang melihat warga di sekitar rumahnya miskin dan kelaparan dari pada bekerja di perusahaan pengolah ikan. huh jadi curhat nih...!! maaf ya

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah,terima kasih atas postingan nya,saya jadi tau makna dari nama Tubagus,kebetulan saya juga keturunan Tubagus dan masih mempunyai buku silsilah sampai ke Syekh Syarif Hidayatullah,

    BalasHapus
  5. SEBENARNYA TIDAK MESTI TURUNAN MAULANA HASANUDDIN ITU BERGELAR TUBAGUS ATAU RATU BAGUS. PADA ZAMAN PASCA SULTAN HAJI, BELANDA MEMBERIKAN GAJI KEPADA PARA TUBAGUS SEBESAR 1 GOLDEN, AGAR PARA TUBAGUS INI DAPAT DIAWASI. BANYAK LAH PARA TUBAGUS YANG TIDAK MAU MAKAN UANG BELANDA DAN MENYEMBUNYIKAN KETUBAGUSANNYA, SEBALIKNYA BANYAK YANG BUKAN TUBAGUS YANG MENGAKU-NGAKU SEBAGAI TUBAGUS.......

    BalasHapus
  6. Tidak semua keturunan yang bergelar tubagus, habib, sayid berprilaku dan besrsifat seperti buyutnya kanjeng rosul, tetapi pasti ada yang tidak baik, jadi kita sebagai khususnya para keturunan dan umumnya untuk semua harus bisa menjaga diri dari kemaksiatan yang dilarang oleh ALLAH & untuk menyadarkan saudara kita, karena nama tubagus, habib & sayid bukan untuk menyombongkan diri tapi untuk kita selalu ingat akan kebesaran rosulullah, dan malu untuk melakukan kemaksiatan. Wa Allahu a'lam. Saya keturunan syekh tubagus mansyur cikaduen.

    BalasHapus
  7. Saya masih sangat muda, dan belum mengetahui silsilah secara runut. Namun ketahuilah, bahwa di mana ada cahaya, di situ ada bayangan. Hidup itu seimbang, tidak semua keturunan tubagus itu bagus akhlak.a, dan juga tidak semua.a buruk akhlak.a

    BalasHapus
  8. ternyata banyak juga pengetahuan kaka2 semua tentang makna asal mula "Tubagus", ya untuk lebih mengenal Tubagus lebih baik bertanya pada orang tua, nenek, kakek yg mungkin akan jauh lebih tahu silsilah keluarga,

    saya sependapat dengan, Afandy Al-Bantani & L, sy Ratu Reny S masih Keturunan keluarga Tubagus, saya rasa keluarga Tubagus itu sama insan yg telah di ciptakan Alloh swt, maka pendapat saya, tidak ada kesempurnaan di balik sebuah Gelar, terlepas dari komentar baik & buruk semua itu kembali pada diri pribadi masing2 tidak ada hubungannya dengan Gelar

    BalasHapus
  9. saya baru mengetahui bahwa keluarga bergelar Tubagus justru dari orang lain, karena kakek saya menyembunyikannya, dan setelah dirunut kedua orangtua saya masih satu silsilah dimana keduanya masih turunan Sunan Gunung Jati (Syekh Syarif Hidayatullah), terima kasih.

    BalasHapus
  10. saya masih ada keturunan banten dan bergelar tubagus tp org tua saya tdk mencantumkan gelar tubagus di akta kelahiran anak2nya..yg jadi apa bila kita ingin mencantumkan gelar tubagus di nama depan anak kita dan ada di akta atau izajah sekolah.dimana kita bisa mendapat izinnya atau agar dapat sertifikasi.

    BalasHapus
  11. saya mau tanya......tentang silsilah Tubagus karena Kakek sy Bernama H. Tubagus sueb bin Tubagus Jahari bin Ki Asnami yg masih satu pohon dgn Syech Musa Kedaung dalem kab. tangerang,tetapi sy mencari tau ternyata sy mash keturunan Ki Buyut Mansyur yg keramatny ada di Citra-Raya Cikupa..tetapi sy masih mencari keluarga karena silsilah ny putus di yg terakhir Ki Asnawi bin.........sampai sekarng sy mash mencari bin....tersebut.klo boleh sata minta sarannya supaya sy bs melanjutkan mencari silsilah tersebut.?terima kasih

    BalasHapus
  12. tubagus wawan adik ratu atut yg lg moncer karena kasus suap dan korup juga keturnan rosul?

    BalasHapus
  13. alhamdulillah aya oge anu ngangkat masalah gelar dibanten ,, saya pribados dari abah saya dari nenek keturunan ki buyut santri (pamarayan) asli .. mangga mun nu arek mastikeun d antos.. ato mun di cirebon di sebat raden panjunan .. mun ti abah saya kakek saya keturuna pangeran sukma wijaya (makamna dikomplek pemakaman astana gunung sembung di panto kadua sebelah kiri nyalira teu aya makam lain) hatur nuhun .. gelar teh teu d anggo ku sabab kaayaan di udag udag ku kafir balanda .. nu margi tepi ka anak incuna teu ngangge .. hatur nuhun

    BalasHapus
  14. assalam'mualiakum..
    Saya mau nanya,,
    ibu sya keturunan TB dan ayah saya tidak
    apakah sya msih ada ikatan..

    BalasHapus
  15. tidak, karna keturunan Tb yg kuat itu dari ayah,,

    BalasHapus
  16. Assalamualaikum...
    Nama saya Tubagus Fajri Hidayat..
    Putra dari Tubagus Rudy Rachmat...
    Saya keturunan ke 14 dari kesultanan cirebon yg saya lupa namanya siapa karena silsilahnya di tulis dalam bahasa arab berbentuk pohon... silsilah masih di simpan oleh pengurus kel bes Tubagus Hasni Atmakusuma... salam kenal semuanya saudara2 Tubagus...

    Wassalam...

    BalasHapus